Welcome to my Blog!

Jumat, 02 Oktober 2009

Tari saman


Tari saman berasal dari suku gayo di sajikan apabila ada peristiwa penting dalam suku tersebut. syair yang di pergunakan dalam tarian saman berasal dari bahasa arab dan gayo. nama tarian saman berasal dari seorang ulama yang bernama syech saman yang berasal dari NAD.

Tari saman dalam penyajiannya tidak menggunakan alat musik namaun hanya perpaduan dari tepuk tangan para penari dengan memukul dada atau pangkal paha.konsentrasi para penari sman sangatlah besar kalau tidak akan terjadi kekacauan dalam penyajiannya. gerakan atau musik yang dibawakan akan terlihat aneh apabila tidak ada konsentrasi dan kerjasama dengan penari yang lain.

Tari saman dibawakan khusus bagi kaum pria namun dalam perkembangannya para wanita seringkali menampilkan tarian tersebut. hampir setiap pementasan sekarang ini sudah tidak ada lagi pria yang menampilkan tarian tersebut. tarian saman memang jarang terlihat namun di daerah asalnya tarian ini masih di ajarkan kepada anak-anak sekolah dasar agar kebudayaan yang ada tidak hilang atau diakui oleh orang lain

1 komentar: